Ingin Langsing ? Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Tentunya bagi kalangan remaja khususnya wanita gemuk merupakan masalah yang serius, terus bertambahnya berat badan membuat perasaan tak karuan, kecewa bahkan sedih. Tak hanya itu perasaan stress kadang pun sering menghampiri mereka, mereka tidak tahu sebenarnya itu lah penyebab utama gemuk alias bertambahnya berat badan dalam waktu yang singkat. Tak lupa juga kita sering lupa untuk mengontrol jumlah makan yang masuk apalagi saat melakukan aktivitas santai seperti nongkrong di kafe atau sedang menonton tv bersama keluarga.


Banyak hal yang menjadi faktor pemicu terjadinya gemuk, selain disebabkan oleh keadaan genetik itu sendiri meskipun telah di imbangi dengan menjaga pola makan seketat mungkin, namun kita lupa pola makan yang tidak teratur ditambah lagi pola aktivitas gerak yang sedikit memperbesar celah untuk bertambahnya berat badan. Bukan berarti yang punya genetik gemuk tidak bisa berkurang berat badannya, namun sebagian dari kita penyebab gemuk adalah pola hidup yang kurang baik baik dari segi fisik (makanan) maupun mental (stress).

Selain hal diatas, ada faktor lain yang sangat menentukan bertambahnya berat badan yaitu mengkonsumsi makanan ringan dalam bahasa gaulnya ngemil seperti kentang goreng, cokelat, susu, bahkan keripik sekalipun. Jangan salah tafsir bahwa makanan-makanan tersebut banyak mengandung gula sederhana yang kinerja dalam tubuh seolah memberikan bom gula sekaligus. Ditambah lagi dengan kurang nya aktivitas sebelum tidur akan memperpesar peluang glukosa untk berubah menjadi lemak. Adapun jenis makanan ringan lain yang dapat mempercepat proses bertambahnya berat badan adalah kacang-kacangan,  sereal, kopi dan teh. Saran dari ahli gizi untuk menghindari makan buah pisang sebelum tidur. Mengapa ? ini dikarenakan buah pisang banyak mengandung karbohidrat. Tak hanya pisang minum jus buah ditambah dengan gula sebelum tidur juga membuat berat badan seseorang bertambah dengan mudah.

Jadi harus nya kita makan apa sebelum tidur ?
Jika anda bercita-cita memiliki tubuh yang indah dan langsing cukupilah dengan makanan jenis sayur-sayuran. Apapun jenis makanan nya hindarilah yang langsung mengandung gula. Misalnya ngemil kopi dan teh tanpa gula. Bisa juga mengkonsumsi telur dadar ataupun telur rebus 2-3 jam sebelum tidur. Imbangilah setiap kalori yang masuk dengan yang digunakan dengan rajin olah raga perut agar tidak terlalu membuncit . Tak lupa juga kurangilah beban masalah yang memicu stres yang berkepanjangan misalnya anda mempunyai masalah dengan pekerjaan anda pada siang hari cobalah untuk sedikit melupakan masalah tersebut saat akan tidur selain menyebabkan kualitas tidur tidak baik juga meningkatkan resiko stres.

Terima kasih dan semoga bermanfaat

0 Comments


EmoticonEmoticon