7 Penyebab Kegemukan Dan Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Memiliki tubuh yang ideal adalah keinginan setiap insan namun tidak semua orang dapat mewujudkan mimpi tersebut. Faktor berat badan , genetika dan gaya hidup selalu menjadi kendala terbesar. Ketika seseorang sudah memilki berat badan yang lebih akan sulit menurunkannya kembali. Belum lagi ketika seseorang mengalami obesitas akan rentan dengan penyakit seperti diabetes, kanker, serta jantung.
Banyak cara yang bisa dilakukan agar tubuh tidak mengalami kegemukan diantaranya olahraga yang rutin, mengurangi konsumsi makanan yang berlemak dan manis, melakukan program diet dan sebagainya. Namun nyatanya masalah kegemukan juga tak kunjung berakhir. Ditinjau dari Ilmu Gizi penyebab kegemukan yang paling utama mengkonsumsi kalori dengan jumlah yang lebih dari kebutuhan tubuh.


Disini saya akan memaparkan beberapa kebiasaan buruk yang menyebabkan kegemukan :
Mengkonsumsi Jenis Karbohidrat Sederhana
Anda munkin pernah mendengar program diet yang dilaksanakan oleh perusahaan tertentu Herbalife misalnya untuk menjalankan salah satu program diet nya anda diwajibkan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak. Menurunkan berat badan secara alami membutuhkan niat yang besar, kedisiplinan yang selalu didasari motivasi yang tak kuncung lelah untuk tampil sehat dan cantik.
Adapun contoh karbohidrat sederhana yang dimaksud adalah seperti permen, gula pasir, buah, cokelat, susu, dan lain-lain.

Tidak Tahu Tentang Makna Diet Yang Sebenarnya
Ketika anda ingin diet dengan hanya mengandalkan pengetahuan orang-orang terdekat anda tanpa mengetahui yang sebenarnya tentang diet nah disaat itu lah anda perlu yang nama nya seorang pembimbing diet. Pembimbing diet yang dimaksud adalah seorang ahli gizi. Mereka akan mengarahkan anda dalam mengontrol kebutuhan diet anda dan juga mereka membantu anda dalam memilih makanan sehari-hari dengan cerdas. Memang sih anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk konsultasi tersebut namun keuntungan terbesar bagi anda adalah setelahnya anda dapat menjalankan program diet secara mandiri dari pada mendengar saran dari orang yang sumber nya belum jelas.

Sering Tidur Larut Malam
Seorang Profesor dari Inggris menemukan bahwa jika pada malam hari waktu istirhat kita kurang dari 6-7 berpotensi terjadi penumpukan lemak diperut. Kekurangan tidur pada malam hari biasa disebut dengan begadang cenderung mengkonsumsi karbohidrat sederhana yang sebagaimana kita tahu kita tidak munkin berolahraga saat malam hari.


Minum Minuman Yang Berkarbonasi (soda)
Dalam sebuah studi penelitian yang dilakukan sebuah kampus ternama di California menyatakan dengan mengkonsumsi makanan yang bersoda setiap hari akan meningkatkan resiko meningkatnya berat badan atau obesitas 33%. Bagi yang memiki tubuh cungkring atau kurus munkin tidak terlalu bermasalah dengan ini. Namun bagi yang mudah gemuk dan yang sehari-hari menjaga berat badan nah itu merupakan kan hal yang menakutkan dan segeralah untuk meringkas minuman yang akan digunakan untuk ngemil pada malam hari . Bahkan Menurut Dr. David L Intervensi terbaik untuk mencegah diet adalah mengurangi minuman manis dan soda (dikutip dari Medindia, 2012)

Makan Dengan Cara Tergesa-gesa
Sebagaimana yang kita tahu adalah perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberikan sinyal ke otak bahwa ia sudah kenyang. Berdasarkan catatan American Diabetic Association (ADA) bahwa seseorang yang makan dengan cepat mengkonsumsi 66 kalori lebih banyak dibandingkan secara perlahan. Maka cobalah untuk makan dengan cara mengunyah lebih lembut dan perlahan dan tidak tergesa-gesa dalam menelannnya.


Porsi Makan Lebih Banyak Dari Biasanya
Terkadang dalam beberapa keadaan anda harus dihadapkan dengan porsi makanan yang lebih banyak dari biasanya. Nah itu sudah pasti menambah tumpukan kalori dan lemak yang dikonsumsi apalagi tidak diimbangi dengan aktivitas yang cukup memadai.

Kurang Mengkonsumsi Air Putih
Berdasarkan penelitian minum 2 gelas air sebelum makan akan membuat kehilangan berat badan 30 % lebih dibandingkan dengan yang tidak. Peneliti dari Jerman juga mengungkapkan 6 gelas air putih bisa mengurangi jumlah kalori sebanyak 50 kalori.


Kesimpulan nya adalah mulai dari sekarang yang ingin benar-benar diet mulailah dengan menanamkan niat sedalam-dalam nya untuk diet, disiplin dalam mengontrol diet, jika belum mampu untuk menghindari makanan favorite kita cobalah untuk menguranginya walaupun sedikit. Tetap lah pada jalur diet yang telah diprogramkan sehingga tubuh yang ideal yang anda inginkan selama ini terwujud. Semoga Bermanfaat.

4 Comments

Kalau ane malah susah buat naiki berat badan gan. Terlalu kurus

ternyata tidur malam juga bisa mengakibatkan penumpukan lemak

Iya, yang paling tidak dianjurka adalah selain waktu tidur kita kurang cukup namun juga disertai ngemil.. bisa cepat naiknya berat badan

Banyak-banyak olahraga aja gan pasti bisa


EmoticonEmoticon