Vitamin, Mineral, Serta Nutrisi Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Hamil merupakan impian setiap pasangan muda yang boleh dikatakan baru memegang dayung untuk mengarungi bahtera rumah tangga. Ketika waktu hamil tiba semua nya seakan berubah menjadi drastis dalam arti kata perubahan tingkah laku suami maupun istri. Sebagai calon ibu memperhatikan asupan gizi dan  nutrisi si bayi yang masih dalam kandungan agar perkembangan baik sehat walafiyat dan tak kurang satu apapun. Wanita yang sedang hamil sudah pasti membutuhkan vitamin dan nutrisi serta asupan gizi lebih dari biasanya. Mengapa demikian ? Itu dikarenakan kebutuhan nutrisi dan vitamin tidak hanya  digunakan untuk ibu saja melaian si bayi juga. Ada 11 Nutrisi dan Vitamin yang sangat dibutuh ibu hamil yang wajib tercukupi.


1. Kalori
Ketika sedang hamil seorang ibu harus nya mengkonsumsi jumlah kalori 300-400 kkal lebih banyak perharinya. Perlunya perhatian khusus terhadap makanan 4 sehat 5 sempurna sebagai acuan makan. Sebaiknya 55 % kalori didapat dari jenis umbi-umbian seperti singkong, ubi jalar, kentang dan lainnya tapi tetap nasi sebagai sumber karbohidrat utamanya. Untuk kebutuhan lemak nabati seperti buah alpukat, kacang kenari, kacang kedelai, kacang macademia, tumbuhan laut, mentega shea, minyak camalina, dan minyak kelapa dan lemak hewani seperti minyak ikan, ikan dilaut, daging, telur, dan susu sebanyak 35%, 10 % lainnya dilengkapi oleh protein sayur-sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Karbohidrat
Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Tentunya seorang ibu hamil haruslah tercupkupi kebutuhan kerbohidratnya. Banyak sekali pilihan alternatif karbohidrat selain nasi yang tersedia dipasaran seperti singkong, kentang, serealia, keladi (talas) dan jagung.

3. Protein
Seorang ibu hamil tidak harus tok mengkonsumsi protein hewani saja, bisa juga digantikan atau diselang-selingkan dengan protein nabati. Perbedaan yang mendasar protein hewani dan protein nabati adalah kemampuan penyerapannya oleh tubuh. Faktanya protein hewani lebih mudah dicerna tubuh dibandingkan protein nabati. Tapi dengan bantuan vitamin C yang terdapat pada sayur akan mempercepat penyerapan protein dan zat besi yang terdapat dalam makanan.

4. Lemak
Lemak pasti dibutuhkan oleh seorang calon ibu sebagai lapisan yang kuat untuk melindungi organ yang melindungi janin. Dengan anda mengkonsumsi lemak akan membantu penyerapan banyak vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Sumber lemak yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi adalah kenari, minyak zaitun, avokad dan lain-lain.

5. Asam Folat
Kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan meningkat sebesar 400-6 mikrogram/hari ini bisa anda dapatkan dari buah jeruk, susu, sayuran hijau, roti dan sereal.

6. Zat Besi
 Dengan adanya zat besi proses pembentukan sel darah merah akan berjalan sempurna. Untuk kebutuhan ibu hamil adalah 30 mg/hari khusus nya dalam trimester kedua dan ketiga. Sumber zat besi dapat diperoleh dari brokloli, kentang, bulgur, tempe, tofu,jus tomat, semangka, dan minyak wijen.

7. Kalsium
Perannya dalam pembentukan tulang dan gigi janin sangatlah besar. Ketika trimester ketiga, janin membutuhkan 25 sampai 30 gram kalsium dari tubuh ibunya. Usahakan calon ibu harus mengkonsumsi minimal 1200 mg perhari ini bisa didapat dari buah melinjo, kedelai, brokoli, dan pokcoy.

8. Vitamin C
Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas bahwa penyerpan zat besi akan maksimal ketika ada peran dari vitamin C. Namun batas ambang konsumsinya adalah 65 mg/ hari saja karena jika berlebihan akan menghambat penyerapan zat besi yang efek samping nya adalah rasa panas didada, mual,sembelit. Sumber vitamin C sangat mudah untuk didapatkan pepaya, paprika, jambu biji, dan jeruk.

9. Vitamin D
Vitamin D sangat berperan dalam pembentukan serta pertumbuhan tulang bayi. Biasanya dirasakan saat bayi dalam masa pertumbuhan umur 6 bulan - 2 tahun. Vitamin D dapat diperoleh dari kuning telur, susu, dan hati ikan.

10. Vitamin A
Sangat diajurkan kepada ibu hamil karena berperan penting dalam proses pemeliharan fungsi mata, pertumbuhan kulit dan tulang. Fungsi lain dari vitamin A adalah sebagai pertahanan imunitas terbaik pada pertumbuhan janin. Tapi jangan sampai malah berlebihan dalam mengkonsumsinya karena bisa berakibat buruk pada pertumbuhan bayi.

11.Vitamin B
Vitamin B6 dan vitamin B12 berfungsi dalam proses pembentukan jaringan baru pada janin, metabolisme protein dan pembelahan sel. Adapun kebutuhan akan vitamin B6 sebesar 1,7 mg dan B12 sekitar 2,5 mg/ hari


Semoga Bermanfaat.

2 Comments


EmoticonEmoticon