3 Langkah Tepat Dalam Menghadapi Hutang

Utang terasa semacam beban yang menggantung di leher Anda, serta dengan pinjaman pelajar, kredit mobil, serta anggaran kesehatan, semuanya menjadi jumlah yang lumayan berat. Mempelajari tutorial menghadapi pinjaman serta membentuk taktik untuk membayarnya mampu menolong Anda mulai mengelola utang Anda. Keluarlah dari lilitan utang serta kembalilah ke dunia nyata, kemudian belajarlah untuk nasib leluasa dari utang.
Evaluasi persoalan Anda. Bila Anda mempunyai utang, Anda tak mampu menjadi semacam burung unta. Jangan kubur kepala Anda dalam pasir serta menyerah. Secepatnya, kini juga, Anda wajib tahu berapa tak sedikit utang Anda jadi Anda mampu menyusun agenda untuk keluar dari jerat utang tersebut serta melanjutkan hidup. Jadilah realistis serta hitung.
  • Umumnya utang kartu kredit, kredit mobil, cicilan rumah, serta pinjaman pelajar merupakan bagian paling besar dari utang berlangsung yang dialami sebagian besar orang. Jumlahkan utang-utang ini serta utang lain apa pun yang Anda miliki. Dapatkan angkanya serta hadapi.
  • Prioritaskan utang dengan bunga paling tinggi. Setelah Anda memperoleh data mentah, penting untuk menonton lebih dalam. Pinjaman mana yang mempunyai persentase bunga paling tinggi?
  • Sebagian argumen mengapa utang susah diselesaikan merupakan sebab jumlahnya semakin bertambah. Bila Anda tak mencicil secepatnya, Anda akan membayar jauh lebih tak sedikit dalam jangka panjang, sampai sangat susah untuk keluar dari dasarnya.

Buat agenda untuk mencicil utang Anda. Tinjau keuangan Anda dengan cara menyeluruh, kalkulasikan jumlahnya, serta lihat tutorial pembayaran apa yang paling manjur untuk situasi Anda.
  • Usahakan mencicil utang yang mempunyai bunga paling tinggi, sementara itu perbuat pembayaran minimal untuk utang lainnya. Kadang ini disebut "laddering" utang, serta menolong peminjam merasa lebih aktif dalam mengendalikan utang mereka.
  • Bila tingkat bunga semua utang Anda hampir sama, lunasi utang dengan jumlah paling rendah. Ini kadang disebut "reverse laddering," yang memungkinkan Anda menonton progres Anda lebih cepat, serta akan membikin Anda merasa lebih baik seusai utang yang lebih kecil terbayar lunas.
Baca Juga : Tips Keluar Dari Lilitan Hutang Yang Menumpuk

Bicaralah dengan penasihat keuangan mengenai konsolidasi utang Anda. Anda tak wajib menjalani ini sendiri. Dokumen keuangan itu sangat kompleks. Mencoba serta melakukannya sendiri mampu membikin orang frustasi, tapi carilah penasihat keuangan yang mampu Anda percaya serta bicarakan mengenai konsolidasi pinjaman ke dalam satu pembayaran setiap bulan yang lebih mampu dikelola, untuk membuatnya lebih mudah dicicil.
  • Juga ada kemungkinan untuk menurunkan tingkat bunga pinjaman tertentu, alias minta penangguhan untuk periode waktu singkat. Pada berbagai situasi, Anda mungkin mampu menangguhkan pembayaran untuk jangka waktu tertentu, dalam periode di mana Anda tak akan meningkatkan bunga. Selama masa itu, Anda mampu mencicil dengan cara proaktif tanpa membikin utang tumbuh lebih besar, ini merupakan keuntungan serius.
Referensi : wikihow.com

0 Comments


EmoticonEmoticon