Anda Hobi Olahraga Biliar ? Ini Wajib Diketahui

Biliar merupakan suatu cabang olahraga yang masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, jadi sangat  diperlukan ketahanan dan pemahaman mental yang benar dan wajib ditunjang oleh performa fisik yang prima supaya mahir serta mampu untuk berprestasi dibidang Biliar.

Cabang olahraga ini dimainkan di atas meja dan dengan peralatan bantu khusus dan peraturan tersendiri. Permainan ini terbagi dari berbagai Jenis, antara lain tipe Carom, English Billiard dan Pool. Dapat dimainkan dengan cara perorangan maupun tim.

Sebagai contoh, tipe Carom dimainkan di meja yang tak mempunyai celah sama sekali. Ini tak sama dengan tipe English Billiard dan Pool yang dimainkan di meja yang mempunyai celah sebanyak 6 buah. Meski sama-sama memilki 6 buah lubang, ukuran alias luas meja antara English Billiar dan Pool pun berbeda, lebih luas meja tipe English Billiard.

Sampai ketika ini, tahun 2008, yang sangat berkembang di Indonesia merupakan tipe Pool yang itu pun tetap terbagi dalam Nomor bola 15, bola 8 dan bola 9. Dahulu di Indonesia, biliar identik dengan olahraga yang rutin dimainkan oleh para lelaki saja. Namun kini tak sedikit wanita yang mulai menggemari olahraga biliar. Beliau adalah Bapak Putera Astaman, yang dulunya adalah seorangmantan Ketua Umum PB. POBSI, yang sukses menaikan Citra Olahraga Biliar, di Indonesia dari Sekedar hanya Olahraga Rekreasi biasa terkonversi menjadi Olahraga yang membawa Prestasi.

Biliar, tipe Pool sudah berubah menjadi salah satu cabang olahraga yang sanggup ikut mengharumkan nama bangsa Indonesia. Contohnya, pada World Pool Championship (kejuaraan dunia biliar tipe pool untuk nomor bola 9) tahun 2006 kemarin, pemain semacam Ricky Yang, M. Zulfikri sukses masuk ke jajaran 32 besar pemain dunia. Roy Apancho sukses masuk ke jajaran pemain 64 besar dunia. Apsi Chaniago sukses masuk ke jajaran 128 pemain Biliar terbaik dunia.

Pada saat pesta olahraga antar bangsa yang dikenal dengan SEA Games XXIV, 2007 yang lalu, terjadi kejutan peningkatan prestasi dengan cara menarik pula pada cabang olahraga Biliar tipe Pool, dengan mampunya diraih Medali Emas nomor bola 8, tunggal wanita sekaligus Medali Perak nomor bola 9, tunggal wanita oleh seorang Atlet Muda Usia yakni Angeline Magdalena Ticoalu dan Medali Emas nomor bola 9, Pria Perorangan oleh Ricky Yang. 'G

Baca Juga : Anda Seorang Pembalap ? Harus Paham Ini
referensi by : Wikipedia Bahasa Indonesia

0 Comments


EmoticonEmoticon