Mengenal Olahraga Angkat Besi Serta Perkembangannya


Angkat logam merupakan cabang olahraga yang bersaing untuk membawa beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan beberapa kombinasi dari kekuatan, konsentrasi, flesibilitas, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, teknik, fisik serta percaya diri. Istilah "angkat besi" biasanya dengan cara tak resmi dipakai sebagai latihan beban.

Jenis angkatan
Dalam olahraga ini, ada dua tipe angkatan yang tak jarang dilombakan, yakni angkatan clean and jerk serta snatch.

Clean and Jerk
Jenis angkatan clean and jerk merupakan tipe angkatan eksklusif tanpa jeda, di mana atlet wajib membawa beban dari lantai tanpa boleh menekuk lutut hingga kedua tangan membawa beban (barbel) lurus di atas kepala dengan posisi berdiri tepat beberapa detik, hingga juri membunyikan bel tanda angkatan sah.

Snatch
Jenis angkatan snatch atlet membawa barbel dalam dua tahap. Pertama, membawa beban dari lantai hingga batas dada dengan posisi jongkok. Setelah berhenti untuk jeda sebentar kemudia mengambil ancang-ancang, selanjutnya sang atlet kemudian membawa barbel hingga kedua tangan lurus di atas kepala, dengan posisi berdiri tepat beberapa detik, hingga juri membunyikan bel tanda angkatan sah.
Kedua tipe angkatan ini dapat dilombakan satu per satu, tetapi juga dapat digabung jadi rekor atlet merupakan penjumlahan beban maksimal dari total angkatan snatch serta clean and jerk.

Perkembangan Olahraga Angkat Besi di Indonesia
Di Indonesia, badan yang menaungi olahraga angkat logam merupakan PB PABBSI (Persatuan Angkat Berat Besi serta Binaraga Seluruh Indonesia). Beberapa atlet angkat logam Indonesia telah berprestasi dunia dengan beberapa gelar juara al. kejuaraan dunia serta medali dalam olimpiade.
Sebagai olah raga yang sudah berumur ini yang mempertunjukkan manifestasi kekuatan insan dengan cara langsung, angkat berat tak hanya menjadi popular, tapi juga bermetamorfosis cabang olah raga modern pada abad 21. Kesederhanaan yang tampak dari hanya sekedar membawa barbel dari lantai ke atas kepala dalam satu alias dua gerakan benar-benar menipu. Olahraga angkat berat ini tentunya menuntut kombinasi dari tenaga, teknik, kecepatan, konsentrasi serta pewaktuan yang tepat. Atlet angkat berat, alias lifter, dari kelas berat super biasanya dijuluki sebagai Pria serta Wanita Terkuat di Dunia. Namun, apabila dilihat serta diperhitungkan dari kilo-per-kilo, lifter kelas  teringan justru tak jarang kali lebih kuat. Angkat berat pria telah menjadi bagain acara semenjak Olimpiade modern pertama di Athena pada tahun 1896. Wanita yang berpartisipasi dalam olahraga ini pertama kali ketika Olimpiade Sydney 2000.

Kompetisi
Lifter  melakukan dua macam angkatan yaitu "snatch" kemudian "clean and jerk". Angkatan "Snatch"  merupakan membawa barbel dari tangan lalu ke atas kepala dengan satu gerakan. Adapun angkatan "Clean and jerk" adalah membawa barbel ke pundak, berdiri dengan tegap,lalu membawa barbel ke atas kepala. Lifter memiliki tiga kali peluang di setiap angkatan, serta "snatch" serta "clean and jerk" terbaik yang akan dinilai untuk menentukan atlet mana yang menjadi pemenangnya.

Adapun Kelas yang dipertandingkan dalam cabang olahraga angkat besi adalah :
+ 105kg Putra
105kg Putra
94kg Putra
85kg Putra
77kg Putra
69kg Putra
62kg Putra
56kg Putra
+ 75kg Putri
75kg Putri
69kg Putri
63kg Putri
58kg Putri
53kg Putri
48kg Putri

Baca Juga : Sejarah Serta Perkembangan Olahraga Senam
Referensi : olympic.or.id dan wikipedia.org

0 Comments


EmoticonEmoticon