Anda Seorang Pembalap ? Harus Paham Ini


Balap motor merupakan olahraga otomotif yang memakai sepeda motor. Balap motor, terutama road race, lumayan terkenal di Indonesia. Hampir tiap minggu di beberapa kawasan di Indonesia even balap motor diselenggarakan. Selain road race, balap motor tipe lain yang lumayan tidak jarang diadakan merupakan motorcross, drag bike, grasstrack serta supersport.

Baca Juga : 6 Tips Ini Akan Membuat Tim Anda Akan Selalu Solid

Terdapat beragam tipe olah raga yang memakai sarana motor balap. Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) merupakan badan Internasional yang bertujuan menaungi beberapa tipe kegiatan-kegiatan olah raga balap motor tersebut.
Jenis kejuaraan
RKarena tidak sedikit tersedia bermacam tipe serta bentuk motor, jadi tersedia pula bermacam tipe pelombaan serta kejuaraan balap motor, antara lain:

Road Racing alias balap jalanan dalam bentuk murni alias asal mulanya merupakan balapan yang dilombakan di jalan umum, mirip lintasan Isle of Man TT (Tourist Trophy), Grand Prix Macau serta beberapa lintasan di Ireland. Karena dikarenakan oleh bahaya yang tidak terlepaskan dari jalan raya mirip jalur sempit, trotoar jalan, serta tembok-tembok, umumnya balap jalanan kini dipindahkan ke lintasan-lintasan yang dibuat khusus.
Circuit Racing alias balap sirkuit , yaitu dimana motor-motor balap yang didesain khusus alias motor-motor produksi masal yang dimodifikasi bersaing satu dengan lainnya di sirkuit yang juga didesain khusus. MotoGP merupakan contoh dari balapan kelas puncak yang melombakan motor yang didesain khusus untuk balap serta tidak dipasarkan bebas, sementara World Superbike merupakan salah satu contoh balapan yang melombakan motor produksi masal dan dipasarkan leluasa tetapi dengan modifikasi sesuai ketentuan.
Classic Racing Balap klasik merupakan dimana para peserta membalap dengan memakai motor yang sudah dimodifikasi dengan cara besar-besaran dari era awal – biasanya motor-motor sebelum pertengahan tahun 70-an.
Motokross serta sepupunya supercross di lombakan pada sirkuit yang berlumpur yang tentunya menampilkan motor yang melompat melalui jarak yang jauh.
Supermoto merupakan perpaduan antara balap jalanan serta motokross. Motor yang dipakai umumnya merupakan tipe motor motokross dengan ban motor balapan dijalanan. Adapun sirkuit yang dipakai untuk pertandingan juga campuran antara jalanan serta lintasan berlumpur alias tanah.
Speedway serta speedway es merupakan balapan yang diadakan di sirkuit berbentuk lonjong (oval) dimana para pembalap saling berlomba dengan masing-masing memiliki gaya khas speedway yaitu mengepotkan (membelok dengan menggeser roda belakang) motor untuk mempermudah melalui sirkuit yang hanya berbentuk oval tersebut.
Ketahanan motor (Enduro), dimana balapan di lombakan dalam jangka waktu yang panjang, serta dengan lintasan alam, bahkan melalui kawasan terpencil. Reli Paris-Dakkar serta Six Day Endurance merupakan contohnya.
Balap motor enduro alias Reli tipe lain yang berbasis pada pengumpulan poin yang di raih pembalap serta tidak terfokus utama pada waktu tempuh keseluruhan peserta. Reli-reli di lombakan dalam waktu kemarin hari serta ribuan mil, dengan poin-poin bonus yang diberikan apabila sukses hingga di tujuan serta tempat yang di perintahkan. The Iron Butt Association merupakan badan yang tidak jarang menyelenggarakan reli-reli mirip itu.
Trial Motor di mana peserta mengendarai motor ringan serta dengan suspensi yang fleksibel. Peserta wajib menaklukkan beragam rintangan buatan mirip kotak, ban, tong yang bertumpuk serta rintangan-rintangan lain. Lomba ini juga dilakukan di rintangan alam berupa batu-batuan yang sengaja disusun untuk keperluan balapan. Peserta di haruskan melalui rintangan-rintangan dengan kesalahan seminimal mungkin agar bisa naik podium.
Drag Race motor (juga dikenal dengan sprints) dimana dua peserta start di belakang suatu garis star yang sama dengan tanda star berupa lampu. Setelah lampu star menyala dua pembalap memacu motornya melalui dua lintasan lurus sejauh seperempat mil, dimana waktu tempuh mereka di catat serta di hitung. Pembalap dengan catatan waktu paling pendek melalui garis finis merupakan pemenangnya.
Hill Climb merupakan dimana seorang pembalap menaiki alias mencoba menaiki suatu bukit berlumpur alias tanah dengan motornya. Motor yang dipakai di rancang khusus dengan lengan ayun (swing arm) yang panjang serta ban khusus ala motokross. Pembalap yang mencapai titik paling atas di bukit alias tercepat menaiki bukit merupakan pemenang.
Land Speed dimana seorang pembalap tunggal memacu motor melalui suatu lintasan lurus sepanjang satu hingga tiga mil (biasanya dilakukan di permukaan suatu danau yang mengering) Pembalap tersebut wajib berupaya untuk membikin catatan waktu tercepat serta melalui catatan rekor pembalap sebelumnya di kelas tersebut alias berdasar tipe motor yang dipakainya, supaya namanya tercatat dalam buku rekor.

Baca Juga : Anda Hobi Olahraga Biliar ? Ini Wajib Diketahui

Kejuaraan
Beberapa kejuaraan balap motor didunia pada umumnya :

  •     MotoGP
  •     Superbike
  •     All Japan Superbike
  •     AMA Superbike
  •     British Superbike
(wikipedia)

0 Comments


EmoticonEmoticon