Dampak Penggunaaan Internet Terhadap Prestasi Belajar Seorang Pelajar, Menurun Atau Meningkat ?

Internet ialah faktor yang tidak mampu dilepaskan dari kehidupan masyarakat modern dikala ini. Internet membikin dunia seolah tanpa batasan jika hanya dengan berhadapan dengan layar monitor komputer, laptop alias gadget. Manfaat internet mampu dirasakan oleh beberapa lapisan masyarakat mulai dari mahasiswa, pekerja kantor, guru bahkan pelajar dari SD hingga SMA. Beberapa fungsi yang pelajar dapatkan dengan penggunaan internet ialah sebagai berikut.

Manfaat Internet Bagi Pelajar Masa Kini
Mempermudah Pelajaran di Sekolah

Manfaat internet yang terbesar bagi pelajar ialah mempermudah pemahaman setiap materi pelajaran serta tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah. Materi pelajaran yang diberikan guru kadang tidak tuntas sebab keterbatasan waktu alias materi sudah diberikan dengan cara tuntas namun susah dipahami oleh pelajar. Di sini peran internet sangat besar sebab pelajar mampu mendalami sendiri materi yang tidak tuntas tersebut hingga sangatlah dipahami serta mereka juga mampu memakai internet untuk mendalami kembali materi yang diajarkan. Manfaat lainnya ialah pelajar lebih mudah mengerjakan setiap tugas misalnya makalah maupun bahan materi tertentu yang biasanya dibuku tidak ada.
Memperluas Wawasan
Adapun manfaat internet yang lain bagi pelajar ialah meningkatkan serta memperluas wawasan. Internet ialah gudang ilmu, selain ilmu yang ada di sekolah saja namun juga ilmu informal yang tidak akan kita temukan di buku-buku pelajaran yang sangat penting untuk menjalani kehidupan. Pelajar mampu memperluas wawasan tanpa terbatas jarak serta waktu jadi pola pikir mereka mampu lebih terbuka serta berkembang. Selain itu, mereka akan memperoleh tidak sedikit faktor yang bermanfaat bagi masa depan mereka.
Membiasakan Dalam Pengoperasian Komputer
Manfaat internet yang dirasakan juga mampu dalam bentuk kemahiran mengoperasikan komputer. Internet terbukti umumnya dipakai pada komputer jadi pelajar yang tidak jarang memanfaatkan internet akan lebih mahir dalam pengoperasian program-program serta software komputer. Zaman modern semacam kini ini, pasti kemahiran semacam ini sangat penting supaya tidak ketinggalan zaman. Banyak sekali perusahaan serta lembaga tertentu yang menuntut kemahiran penggunaan komputer jadi kepandaian tersebut terbukti sangatlah dibutuhkan.

Manfaat Penggunaan Internet Di Kalangan Pelajar di Luar Sekolah
Sarana Komunikasi

Banyak orang yang memanfaatkan teknologi internet untuk berkomunikasi dengan kerabat, kawan ataupun kenalan yang tinggal jauh melewati beberapa media umum yang tidak sedikit terdapat dikala ini. Bahkan, Facebook, Twitter, BBM, Line, Whatsapp, serta sebagainya sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan pelajar. Media sosial yang terhubung internet sudah menjadi salah satu alat komunikasi yang paling tidak sedikit digemari masyarakat masa kini. Pelajar mampu share info alias bertukar cerita mengenai kehidupannya melewati media sosial. Hal ini juga mampu meningkatkan performa bersosialisasi yang akan bermanfaat bagi kehidupan nyata.
Sumber Hiburan
Sebagian orang juga tidak sedikit memanfaatkan internet untuk mencari berbagai jenis hiburan seperti download lagu misalnya dan itu dilakukan ketika sedang libur sekolah, bosan, stres alias sedih. Dengan internet, pelajar mampu melihat tidak sedikit film kesukaan yang tidak disiarkan di televisi. Selain itu, mereka juga mampu mendownload tidak sedikit lagu serta video klip dari band alias penyanyi idola yang mampu meningkatkan semangatnya dikala mengerjakan tugas sekolah alias tugas rumah lainnya. Tidak hanya hingga di situ, kini internet juga menjadi hiburan paling mutlak untuk anak belia sebab banyaknya game online yang mampu dimainkan bersama kawan alias kerabat.

Begitu tidak sedikit fungsi internet yang mampu didapatkan. Tetapi ingatlah, ada segi positif pasti juga ada segi negatif. Anda pasti sempat mendengar beberapa tindak kejahatan yang terjadi dengan memanfaatkan internet pada pelajar. Oleh sebab itu, sebaiknya penggunaan internet masih wajib didampingi oleh orang dewasa supaya terhindar dari efek negatif yang mampu dirasakan dari penyalahgunaan internet.

Baca Juga : Teknologi Smartphone Yang Bisa Menceritakan Anda, Bagaimana Bisa ?
Referensi : dowori.net

0 Comments


EmoticonEmoticon