Cara Mendalami Karakter Diri Kita Sendiri

Kadang Anda mendapati diri melakukan sesuatu namun tak tahu mengapa. Mengapa Anda berteriak pada anak Anda? Mengapa Anda memilih bersi kukuh pada pekerjaan yang kini alih-alih mencari pekerjaan baru ? Mengapa Anda berdebat dengan orang tua mengenai faktor yang sebetulnya tak Anda pedulikan ? Alam bawah sadar mengendalikan tak sedikit perilaku kita jadi argumen di balik keputusan mungkin diselimuti misteri. Namun, apabila Anda tahu bagaimana wajib mencari, Anda mampu memperoleh pemahaman yang lebih baik mengenai diri sendiri: mengapa Anda membikin keputusan tertentu, apa yang membikin Anda bahagia, serta bagaimana Anda mampu menjelma lebih baik.

Dapatkan penilaian yang objektif. Hal pertama yang mampu Anda perbuat untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik akan diri sendiri merupakan memperoleh penilaian yang objektif. Tentu saja, Anda mampu bertanya pada orang yang Anda kenal, namun pengalaman mereka mengenai Anda akan mengangkat mereka pada prasangka yang sama semacam Anda. Opini objektif akan memberi angan-angan yang lebih seksama serta membikin Anda mempertimbangkan beberapa faktor yang mungkin tak sempat dipikirkan sebelumnya. Ada sejumlah tes yang mampu diambil untuk mendalami beberapa sudut diri Anda (dan ini lebih dari sekadar tes yang tak lebih tepercaya):
  • Teori tipe kepribadian Myers-Briggs Personality berkata bahwa semua orang mempunyai 1 dari 16 tipe kepribadian dasar. Kepribadian ini mampu memprediksi bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, tipe persoalan antar langsung serta kekuatan yang Anda miliki, juga lingkungan kerja serta daerah tinggal semacam apa yang terbaik bagi Anda. Versi dasar tes ini mampu ditemukan daring, bila Anda ingin mencari tahu apa yang mampu Anda pelajari untuk pemahaman diri yang lebih baik.
  • Jika Anda kesulitan memahami apa yang membikin Anda senang serta apa yang wajib Anda perbuat dalam hidup, pertimbangkan untuk mengambil tes karier. Tes tipe ini mampu menolong Anda memutuskan apa yang mungkin Anda rasa paling memuaskan, biasanya berdasarkan kepribadian serta apa yang biasanya Anda perbuat untuk bersenang-senang. Anda tak sedikit tes tak sama yang terdapat daring, namun bila Anda tetap sekolah jadi Anda mungkin mampu memperoleh tes yang lebih tepercaya dari konselor karier.
  • Ada teori yang berkata bahwa setiap orang mendalami serta memproses pengalaman mereka di dunia dalam satu dari sejumlah tutorial berbeda. Ini disebut “gaya belajar”. Mengetahui gaya belajar akan menolong Anda bahkan seusai keluar dari sekolah serta mampu menolong memahami kenapa Anda kesulitan dengan beberapa aktivitas serta unggul pada bidang lain. Sama dengan lainnya, ada sejumlah tes gratis yang mampu Anda ambil daring. Tetapi sadari bahwa ini merupakan sains yang tetap diperdebatkan, sebab ada tak sedikit teori mengenai gaya belajar, serta Anda mungkin mendapat yang akan terjadi tak sama tergantung tes apa yang Anda ambil.
  • Anda juga mampu menemukan tak sedikit tes lain yang mencakup tak sedikit subjek di Psychology Today.
Lakukan latihan menulis karakter. Ketika penulis menulis suatu buku, mereka tak jarang melakukan latihan menulis yang menolong mereka untuk lebih memahami karakter yang mereka tulis. Anda mampu melakukan latihan yang sama untuk memperoleh pemahaman diri yang lebih baik serta latihan ini tak sedikit ditemukan daring dengan cara gratis. Latihan ini mungkin tak memberi yang akan terjadi resmi, bahkan tak jarang mempercayakan Anda untuk luar biasa kesimpulan sendiri mengenai maksud di balik jawaban yang Anda buat, namun ini mampu membikin Anda memikirkan beberapa faktor yang belum sempat terpikirkan. Cobalah menjawab pertanyaan berikut untuk memperoleh gagasan semacam apa tes tersebut:
  1. Bagaimana Anda mendeskripsikan diri sendiri dalam satu kalimat ?
  2. Apa tujuan Anda dalam cerita nasib ini ?
  3. Apa faktor terpenting yang sempat terjadi pada Anda ? Bagaimana faktor tersebut mampu merubah Anda ?
  4. Bagaimana Anda mampu tak sama dari orang-orang di kurang lebih Anda ?
Evaluasi kekuatan serta kelemahan Anda. Anda mampu memahami siapa diri Anda dengan lebih baik serta apa yang terpenting bagi Anda dengan memikirkan kekuatan serta kelemahan. Lebih penting lagi, Anda butuh membandingkan persepsi Anda mengenai kekuatan serta kelemahan tersebut dengan apa yang diidentifikasi teman-teman, keluarga, serta rekan kerja. Hal yang mampu mereka lihat namun tak mampu Anda lihat mampu memberi tahu tak sedikit faktor mengenai diri Anda serta bagaimana Anda memandang diri sendiri.
  • Contoh kekuatan di antaranya kebulatan tekad, kesetiaan, disiplin diri, perhatian, ketegasan, kesabaran, diplomasi, keterampilan berkomunikasi, serta imajinasi alias kreativitas.
  • Contoh kelemahan di antaranya berpikiran tertutup, mementingkan diri sendiri, kesulitan memahami kenyataan, menghakimi orang lain, serta persoalan dengan pengendalian diri.
Nilai prioritas Anda. Apa yang menurut Anda terpenting dalam nasib serta interaksi sehari-hari mampu memberi tahu tak sedikit mengenai diri Anda. Pikirkan prioritas Anda, bandingkan dengan prioritas orang lain yang Anda hormati, serta pikirkan apa yang dikatakan kesimpulan tersebut mengenai Anda. Tentu saja, Anda butuh terbuka pada gagasan bahwa prioritas tersebut tak berada dalam urutan terbaik (banyak orang juga tidak), namun mampu mengajarkan tak sedikit faktor mengenai diri sendiri.
  • Seandainya rumah Anda terbakar, apa yang akan Anda lakukan? Apa yang akan Anda selamatkan? Menakjubkan sekali bagaimana kebakaran mampu mengungkapkan prioritas kita. Bahkan seandainya Anda menyelamatkan sesuatu yang praktis, semacam catatan pajak, faktor ini tetap mampu berkata sesuatu mengenai diri Anda (mungkin Anda lebih suka mempersiapkan diri serta tak menghadapi perlawanan).
  • Cara lain untuk mengenal prioritas merupakan dengan membayangkan orang yang Anda cintai dikritik dengan cara terbuka untuk sesuatu yang tak Anda dukung (katakanlah, mereka homo namun Anda tak setuju dengan gaya nasib tersebut). Apakah Anda mendukung mereka? Melindungi mereka? Bagaimana? Apa yang akan Anda katakan? Tindakan kita di hadapan kritik rekan-rekan serta kemungkinan diasingkan mampu mengungkapkan prioritas kita.
  • Beberapa contoh prioritas yang tak jarang dimiliki orang adalah: uang, keluarga, seks, respek, keamanan, stabilitas, harta benda, serta kenyamanan.
Lihat bagaimana Anda sudah berubah. Lihat masa lalu Anda serta pikirkan bagaimana momen yang terjadi pada Anda dalam nasib sudah memengaruhi tutorial Anda bertindak serta berpikir hari ini. Melihat bagaimana perubahan Anda sebagai insan mampu mengungkap tak sedikit mengenai argumen dari tutorial Anda bertindak, sebab tingkah laku kita kini dibuat di atas pengalaman masa lalu.
  • Sebagai contoh, mungkin Anda cenderung menjadi sangat defensif di kurang lebih pengutil serta sangat keras pada orang yang Anda anggap mencuri. Ketika Anda memikirkan faktor ini, Anda mungkin ingat mencuri permen dari suatu toko ketika tetap kecil serta orang tua menghukum Anda dengan keras, yang akan membahas reaksi Anda yang lebih kuat dari normal pada perilaku serupa di masa kini.
Referensi : wikihow.com

0 Comments


EmoticonEmoticon