Cara Memilih Karir Yang Tepat Untuk Anda

Bangun pagi akan lebih mudah serta bekerja akan terasa lebih membahagiakan apabila Anda mencintai pekerjaan Anda. Usaha untuk menemukan pekerjaan yang membahagiakan mampu menjadi tugas yang lumayan menantang, tetapi dengan aspirasi yang kuat, Anda tentu mampu melakukannya.

Bertanyalah terhadap diri sendiri mengenai daerah kerja yang ingin Anda tinggalkan. Alih-alih bertanya terhadap diri sendiri, “apa yang ingin saya lakukan ?,” mulailah bertanya, “saya ingin menjadi orang yang semacam apa ?” Jawaban Anda akan menawarkan pandangan mengenai tipe pekerjaan yang paling membahagiakan bagi Anda.
  • Cobalah membayangkan ada seseorang yang sedang memberi tau pidato penghormatan terbaru pada upacara pemakaman Anda. Apa kata-kata yang Anda harapkan dari orang ini mengenai kehidupan serta keberhasilan Anda ?
Buatlah daftar pilihan. Tulislah dalam daftar, jalur karier yang sesuai untuk Anda serta bidang karier yang tersedia. Jangan takut untuk menulis ide-ide yang terasa konyol, serta Anda leluasa berkreasi dengan daftar ini. Ide dasar dari faktor ini hanyalah untuk mencari inspirasi, selanjutnya Anda mampu mempersempit apa yang ada di dalam daftar ini dengan membikin opsi yang lebih produktif.
  • Cobalah melamun. Bayangkan berbagai angan-angan “ideal” mengenai masa depan Anda. Meskipun foto yang Anda bayangkan terlihat bego alias tak realistis, tulis saja semuanya. Cara ini mampu menjadi sumber wangsit untuk menimbulkan ide-ide yang mungkin dilakukan, sekaligus yang menyenangkan.
  • Tanyakan terhadap diri sendiri apa yang membikin orang lain berterima kasih terhadap Anda. Jika Anda ingin melakukan pekerjaan yang menyenangkan, cobalah bertanya terhadap diri sendiri mengapa pasangan Anda, teman-teman, serta kolega Anda merasa berterima kasih terhadap Anda. Perbuatan yang Anda perbuat sebagai faktor biasa tetapi membikin orang lain merasa terbantu mampu Anda gunakan sebagai petunjuk untuk menemukan jalur karier yang membahagiakan bagi Anda serta berguna bagi orang lain.
  • Carilah pola-pola dari masa lalu. Pikirkan tugas-tugas yang Anda sukai yang sempat Anda perbuat di masa lalu, bahkan tugas yang tak terlalu tak jarang dilakukan alias tak ingin dimasukkan ke dalam daftar hal-hal yang Anda sukai. Selama Anda mampu menemukan hal-hal membahagiakan dari pekerjaan ini, cantumkan sebagai pilihan.
Seleksilah opsi yang ada di dalam daftar Anda. Setelah daftar awal ini selesai, coba perhatikan lagi baik-baik. Mulailah mencoret apa saja yang tak realistis alias tak menarik, serta fokuskan perhatian Anda pada opsi yang sangatlah mampu mengarahkan Anda terhadap pekerjaan yang menyenangkan.
  • Berusahalah bersikap realistis. Pada tahap ini, Anda wajib sangatlah serius bertanya terhadap diri sendiri apakah Anda mampu mencapai apa yang ingin Anda lakukan. Jujurlah terhadap diri sendiri mengenai keterbatasan Anda. Contohnya, apabila Anda ingin membuka pemakaman kucing liar tetapi Anda alergi berat terhadap bulu kucing, sepertinya Anda wajib mencoret opsi ini dari daftar Anda.
  • Carilah keseimbangan antara nilai-nilai serta bakat Anda. Hal lainnya yang wajib Anda pertimbangkan artinya keadaan di mana nilai-nilai serta bakat Anda mampu saling mendukung. Anda mungkin sangat mencintai seni, tetapi keterampilan Anda di bidang ini mungkin biasa-biasa saja. Oleh karena itu, jalur karier yang Anda pertahankan kini di bidang seni mungkin artinya ide yang buruk. Di segi lain, Anda bahagia mengasuh anak-anak serta berbakat dalam melakukan interaksi dengan anak kecil. Anda mampu mencari pekerjaan yang ada kaitannya dengan tugas mengasuh anak, serta sebagai bonus, pertimbangkan juga opsi yang menawarkan Anda peluang untuk sekali-sekali mengasah keterampilan seni Anda.
  • Mintalah pesan yang tersirat dari orang-orang yang mengetahui Anda. Bertanyalah terhadap orang-orang di kurang lebih Anda apa sebetulnya bakat Anda menurut mereka. Kumpulkan berbagai pandangan serta bandingkan apa yang mereka katakan dengan pendapat Anda sendiri.
Kenali penghalang yang mencegah Anda untuk menjadi orang yang Anda inginkan. Berusahalah menemukan apa yang sebetulnya menghalangi Anda untuk menjadi seseorang yang Anda inginkan kini juga. Tentukan penghalang yang tak mungkin diruntuhkan serta penghalang yang mampu dihilangkan apabila Anda berusaha lumayan keras.
  • Buatlah diri Anda enjoy dengan ide untuk mengambil risiko. Ketakutan Anda sendiri mungkin menjadi penghalang paling besar dibandingkan yang lainnya. Ketahuilah bahwa Anda wajib mengambil risiko dengan memperhitungkan akibatnya serta jangan melakukan sesuatu tanpa pertimbangan sama sekali, tetapi mulailah membiasakan diri dengan gagasan untuk mengambil risiko.
  • Abaikan kekecewaan orang lain. Orang tua Anda mungkin menginginkan Anda mau mengambil alih urusan ekonomi keluarga, serta mereka akan sedih apabila Anda berkata bahwa Anda memiliki agenda yang lain. Jika Anda ingin memperoleh pekerjaan yang membahagiakan untuk diri sendiri, Anda wajib mampu mendapatkan bahwa orang-orang yang Anda sayangi mungkin tak akan mampu memahami Anda alias ikut bahagia dengan opsi Anda sendiri.
Baca Juga : Belajarlah Menikmati Hidup Mulai Dari Sekarang Lakukanlah Ini
 
Terimalah apabila Anda merasa bingung. Dengan segala kemungkinan yang ada, proses untuk memperoleh pekerjaan yang membahagiakan tetaplah bukan faktor yang mudah. Memang susah untuk menemukan tutorial untuk mencari keseimbangan antara kenyataan serta keinginan, tetapi terlepas dari apa pun yang Anda lakukan, Anda masih wajib berkomitmen terhadap diri sendiri untuk menjalani prosesnya.
Referensi : wikihow.com

0 Comments


EmoticonEmoticon