Anda Yang Tidak Bisa Tidur Saat Gelap, Baca Ini !


Ubahlah aspek pandang Anda mengenai kegelapan. Salah satu argumen kenapa Anda takut gelap merupakan sebab merasa bahwa gelap itu jahat, tidak enak, misterius, semrawut, alias hal-hal lain berkonotasi negatif. Namun, apabila Anda ingin mendapatkan kegelapan, mulailah dengan membentuk asosiasi yang positif. Bayangkan kegelapan sebagai sesuatu yang menenangkan, membersihkan, alias bahkan menyamankan, tidak ubahnya selimut beledu tebal. Berusahalah mengubah persepsi mengenai kegelapan, serta Anda tentu akan segera bisa menerimanya.
  • Tulis segala faktor yang Anda asosiasikan dengan kegelapan. Sekonyol apa pun itu, coretlah alias sobek bagian kertas tersebut. Lalu, kembali menulis serta ganti dengan asosiasi-asosiasi yang bernilai lebih positif. Kalaupun rasanya konyol, diucapkan saja keras-keras.
Bayangkan serta anggap kawasan tidur Anda sebagai kawasan yang aman. Orang yang takut pada kegelapan biasanya juga takut pada ranjang mereka sendiri, sebab berpendapat benda itu sebagai kawasan yang membikin mereka rentan dicelakai. Jika ingin mengubah aspek pandang mengenai kegelapan, Anda wajib berpendapat kawasan tidur Anda sebagai sumber kenyamanan serta perlindungan. Sebagai kawasan di mana Anda ingin berada, bukan ditakuti. Gunakan selimut yang enjoy serta luangkan waktu bersantai di ranjang, melakukan hal-hal yang membikin Anda ingin sekali untuk segera menikmati tidur nyenyak malam hari.
  • Berikan waktu khusus lebih tidak sedikit waktu untuk menyimak serta merasa enjoy di atas kawasan tidur Anda. Ini akan menolong Anda merasa senang berada di situ ketika malam tiba.
Jangan malu mengakui rasa takut pada diri Anda. Banyak orang dewasa yang mengaku takut pada kegelapan. Tak peduli usia berapa pun, tidak butuh merasa malu mengenai rasa takut Anda; semua orang punya rasa takut kepada sesuatu, serta mestinya Anda malah bangga bisa jujur serta terbuka soal ini. Banggalah pada diri Anda sebab bisa mengakui bahwa Anda menyimpan ketakutan tertentu serta ingin berusaha mengatasinya. Bahkan, ada kajian yang menawarkan bahwa 40% orang dewasa mengaku menyimpan perasaan takut dengan kegelapan.
  •  Semakin Anda terbuka soal perasaan takut, makin cepat pula Anda sanggup mengatasinya.
Utarakan pada orang lain. Berbicara dengan cara terbuka pada orang lain perihal rasa takut Anda bisa menolong membikin Anda merasa lebih terdukung serta enjoy ketika mencoba menanggulangi ketakutan tersebut. Juga, dengan menuturkan faktor ini ada kemungkinan Anda bisa berjumpa orang lain kawasan share perasaan takut itu serta bisa beroleh pesan yang tersirat keren dalam prosesnya. Lebih jauh lagi, dengan membukakan diri perihal rasa takut pada kegelapan, akan membikin Anda merasa lepas ketimbang ketika dipendam sendiri dalam hati.
  • Para teman tentu akan mendukung persoalan Anda soal rasa takut pada kegelapan serta Anda tidak butuh cemas mereka akan menilai negatif kalau mereka terbukti teman sejati.
Baca Juga : Adakah Begadang Yang Bermanfaat ? Inilah Jawabannya

Cari bantuan bila terbukti dibutuhkan. Sesungguhnya tidaklah rutin mungkin untuk sepenuhnya menanggulangi rasa takut, walau Anda telah berusaha kuat meringankannya. Namun, kalau ketakutan yang Anda rasakan terbukti sedemikian tidak tertahankan, membikin Anda tidak lebih tidur serta nasib tidak nyaman, mungkin telah waktunya meminta bantuan profesional untuk menuturkan keresahan Anda, dengan segala implikasinya yang lebih luas. Jangan sempat merasa malu untuk minta bantuan pada orang lain.
  • Anda bisa membicarakannya dengan dokter soal rasa takut Anda serta pastikan apakah efeknya terbukti sangatlah tidak tertahankan; ia mungkin akan menyarankan obat tertentu alias perbuatan paling baik yang butuh dilakukan. Anda juga akan sanggup menguak akar persoalan sebetulnya dari kegelisahan yang berujung pada rasa takut pada kegelapan.
Referensi : wikihow.com

0 Comments


EmoticonEmoticon