6 Langkah Mengatasi Rasa Takut Saat Gelap


Takut gelap bisa membikin apa yang mestinya menjadi bagian nasib paling menenangkan dan menyegarkan, menjadi mimpi buruk. Rasa takut pada kegelapan selain menyerang anak-anak; tidak sedikit orang dewasa yang juga takut pada kegelapan, sehingga tidak ada argumen untuk malu soal ini, tidak peduli berapa pun umurmu. Cara menanggulangi perasaan takut kepada kegelapan merupakan dengan menyesuaikan perspektif dan berusaha membikin kamar tidur terasa aman dan nyaman bahkan dikala lampu dimatikan.

Baca Juga : Anda Yang Tidak Bisa Tidur Saat Gelap, Baca Ini !

Tenangkan diri sebelum tidur. Salah satu tutorial yang lumayan menolong menanggulangi rasa takut pada kegelapan merupakan dengan memastikan bahwa Anda telah lumayan memberi waktu menenangkan diri sebelum tidur. Matikan minimal setengah dari seluruh perangkat elektronik Anda setidaknya setengah jam sebelum tidur, jangan kena kafein seusai lewat siang, dan perbuat apa saja yang enjoy dan menenangkan, entah itu dengan menyimak sebentar alias mendengarkan musik klasik. Intinya, bawa diri Anda ke posisi pikiran yang paling tenang dan rileks untuk meringankan kegelisahan dikala lampu dimatikan.
  •  Jadi cobalah bermeditasi barang 10 menit. Duduk yang kalem dan fokuskan pikiran hanya pada kegiatan luar biasa seraya mengembuskan napas dan melemaskan anak buah tubuh satu demi satu. Pusatkan pikiran hanya pada tubuh dan hembusan nafas. Buang semua kegelisahan dari benak Anda.
  • Temukan kegiatan yang cocok. Misalnya minum teh chamomile, mendengarkan musik klasik, alias memeluk kucing kesayangan.
  • Hindari melakukan kegiatan apa pun yang akan membikin Anda lebih takut alias gelisah, semacam melihat siaran kabar malam alias agenda tv berisi kekerasan. Hindari pula segala faktor yang bisa membikin Anda stres dan lebih cemas dikala malam, semacam pekerjaan rumah di menit-menit terakhir, alias perbincangan serius.
Secara berangsur-angsur beradaptasi pada keadaan gelap. Anda tidak butuh mematikan semua lampu sekaligus untuk menanggulangi perasaan takut gelap. Pertama sekali, Anda wajib tahu bahwa tidur dalam gelap akan membikin tidur lebih pulas dan tuntas ketimbang dengan lampu menyala. Gunakan fakta ini sebagai titik awal memberanikan diri untuk tidur dalam kondisi yang gelap. Namun jika terbiasa tidur dengan semua lampu menyala lantaran takut, Anda bisa belajar pelan-pelan meredupkan lampu sebelum tidur, alias bahkan mematikan berbagai lampu apabila tersadar di tengah malam. Ini bisa menolong membiasakan diri dengan cara perlahan untuk tidur dalam gelap.
  • Tetapkan tujuan buat diri sendiri, umpama dengan memutuskan bahwa Anda tidak keberatan tidur hanya ditemani lampu redup, alias dengan menyalakan lampu di ruangan lain.
Tantang rasa takut Anda. Ketika hendak tidur di malam hari, tanyakan pada diri sendiri apa sebetulnya yang ditakutkan. Jika Anda pikir ada orang bersembunyi di lemari, di kolong ranjang, alias bahkan di balik kursi di pojok kamar, sebaiknya Anda pastikan sendiri semua daerah itu. Buktikan pada diri sendiri bahwa sama sekali tidak ada apa-apa di situ dan tidak ada yang wajib dicemaskan. Kalau mau melakukan ini, Anda akan bangga pada diri sendiri sebab sukses menantang rasa takut dan niscaya sanggup tidur lebih nyenyak.
  • Jika mendadak tersadar ketakutan di tengah malam, yakinkan diri bahwa makin cepat semua daerah itu diperiksa, makin cepat pula perasaan Anda menjadi lebih tenang. Jangan buang waktu semalaman mencemaskan yang tidak jelas.
Biarkan ada sedikit lampu menyala, kalau terbukti butuh begitu. Tak butuh malu memakai lampu redup alias lampu lembut di pojok kamar. Kalau ini terbukti sanggup meringankan rasa takut dan membikin Anda lebih berani, jadi tidak butuh merasa wajib mematikan semua lampu demi terapi menghapus rasa takut. Lagi pula, dengan menyalakan lampu redup di koridor alias lampu terperinci di ruangan lain, akan mempermudah Anda mondar-mandir apabila mendadak tersadar dan wajib ke kamar mandi.
  • Banyak orang tidur dengan menyalakan sedikit penerangan, sehingga Anda tidak butuh merasa wajib tidur dalam kegelapan total supaya sembuh dari rasa takut.
Buat kamar Anda lebih menarik. Cara lain menghadapi rasa takut merupakan dengan meyakinkan diri bahwa kamar Anda enjoy dan enak ditiduri. Jaga supaya masih apik dan rapi untuk mengurangi rasa cemas ada sesuatu yang bersembunyi di bawah tumpukan pakaian alias di dalam lemari yang berantakan. Usahakan hiasilah kamar dengan warna-warna hangat dan cerah supaya terasa lebih hening dan memberi energi positif. Jangan menyesakkan kamar dengan mebel alias barang-barang tidak jelas, sebab akan membikin Anda merasa tercekik. Jika mau berusaha ciptakan suasana positif di kamar tidur anda, dengan sendirinya Anda akan merasa lebih aman di situ.
  • Gantunglah gambar-gambar dan/atau gambar yang membikin Anda merasa aman dan sejuk. Gambar-gambar bernuansa gelap, misterius, menakutkan alias bahkan mengancam malah akan membikin Anda makin kecut tanpa disadari.
  • Membuat kamar tidur sehingga luar biasa juga akan membikin daerah itu betah ditinggali lama-lama. Tujuannya supaya Anda merasa aman dan senang, bukannya malah ketakutan.
Belajarlah untuk tidur sendiri. Jika takut gelap, mungkin Anda akan lebih suka tidur bersama orangtua, saudara, alias bahkan bersama anjing peliharaan. Namun, kalau terbukti sungguh berniat menghapus perasaan takut itu, jadi Anda wajib belajar melihat ranjang sendiri sebagai suatu daerah aman yang sanggup ditiduri sendirian. Jika Anda terbiasa tidur bersama orangtua alias saudara, berusahalah menghabiskan separuh malam saja bersama mereka dan kurangi deadline tidur bersama saudara, sedikit demi sedikit.
  • Kalau Anda punya anjing alias kucing, mereka bisa sehingga sumber kenyamanan yang bagus, dan tidur bersama mereka lumayan ampuh untuk mengurangi rasa takut. Meski demikian, jangan kelewat mempercayakan mereka untuk selamanya tidur bersama Anda. Biarkan tidur di ujung kaki alias di dalam kamar saja telah cukup
Referensi : wikihow.com

0 Comments


EmoticonEmoticon