Manfaat Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria)

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan tanaman Lidah Mertua merupakan marga tanaman hias yang lumayan terkenal sebagai penghias bagian dalam rumah sebab tanaman ini bisa tumbuh dalam keadaan yang sedikit air serta cahaya matahari. Sansevieria mempunyai ciri daun yang keras, tegak, sukulen, dengan ujung-ujungnya meruncing.

Sansevieria punya tidak sedikit kelebihan, semacam sanggup bersi kukuh nasib pada rentang waktu suhu serta cahaya yang sangat luas, sangat resisten kepada polutan, serta sanggup menyerap 107 tipe polutan di kawasan padat lalu lintas serta ruangan yang penuh asap rokok serta bisa menyerap radiasi barang atau alat-alat elektronik. Adapun beberapa polutan yang dapat di serap oleh Sanseviera.

Keistimewaan :
  •     Sansevieria merupakan tipe tanaman dengan tingkat daya serap paling tinggi.
  •     Perawatan tanaman yang murah
  •     Tanaman selalu mengeluarkan zat O2 tanpa memproduksi zat CO2 jadi tepat di taruh didalam ruangan.
Manfaat         :
  •     Biasa dimanfaatkan sebagai pagar rumah
  •     Negara Jepang sudah memanfaatkan serat tanamannya sebagai bahan pembuat kain serta kreasi anyaman
  •     Tanaman ini menghasilkan wewangian ketika sore hari terlebih ketika berbunga. Lidah mertua dipakai sebagai bahan parfum di berbagai negara maju
Baca Juga :  9 Tips Ini Akan Membuat Anda Pasti Mudah Untuk Tersenyum

Bisa dijadikan bahan obat diantaranya;
  1. Getah: Dapat dipakai sebagai obat antiseptik
  2. Akar : Bisa juga dimanfaatkan sebagai penyegar rambut/tonik serta obat wasir
  3. Daun : Bila dibakar bisa menyembuhkan sakit kepala (vertigo),
Apabila di rebus sebagai obat diabetes
Dapat mereduksi radiasi gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan oleh komputer serta televisi maka, baik apabila tanaman ini ditaruh disamping komputer alias televisi.

Perawatan Tanaman :
  1. Tanaman ini bisa nasib dengan paparan sinar matahari maupun di dalam ruangan. Tapi apabila ingin di simpan dalam ruangan jangan lupa dijemur seminggu sekali supaya tanaman masih segar.
  2. Penyiraman hanya butuh dilakukan 1-2 kali seminggu. Terlalu tidak jarang menyiram justru akan membikin tanaman ini di hinggapi berbagai bakteri. Ketika akan melakukan proses penanaman juga pilih media tanam (tanah, sekam bakar, pasir malang serta pakis)
  3. Pemupukan pengecap mertua biasanya memakai pupuk yang tingkat penguraiannya lambat seperti (osmocote, dekastar serta megamp)
Ternyata flora Sansevieria ini yang perawatannya super mudah mempunyai fungsi yang segudang. Ayo, tanam “Lidah Mertua.” mulai dari sekarang.
Referensi : https://mulyaji.wordpress.com

0 Comments


EmoticonEmoticon