Tanda - Tanda Menjelang Kematian, Bau Ini Yang Akan Tercium



Siapa yang menyangka bahwa insan sesungguhnya mampu mencium aroma kematian? Seperti yang akan terjadi dari suatu penelitian di Amerika Serikat. Mereka mengklain insan mampu mencium aroma kematian layaknya binatang. Menurut mereka, aroma ini mengaktifkan system paling purba dalam otak insan yakni lari alias lawan.

Dr Arnaud Wisman dari University of Kent serta Dr Ilan Shrira dari Arkansas Tech University melakukan penelitian perpaduan menganai aroma ini. Mereka berkata bahwa ada suatu komponen kimiawi khusus yang keluar dari tubuh seseorang dikala sedang menghadapi kematian dalam keadaan sekarat.

Komponen kimia itu dikenal dengan putrescine yang mempunyai aroma khusus. Dan ternyata, aroma khusus ini hanya keluar dikala seseorang sedang sekarat alias mendekati kematiannya. Uniknya, apabila dicium oleh orang lain, jadi akan membuatkan rasa takut serta ingin melarikan diri.

Seorang Doktor bernama Dr Arnaud Wisman mengungkapkan,

“Orang mungkin mempunyai preferensi tak sama mengenai aroma yang mereka suka serta tak sukai. Bau terbukti mampu meemngaruhi emosi serta perilaku kita. Namun penelitian kami mengambarkan bahwa aroma nyatanya juga mampu membuatkan rasa takut yang beriiringan dengan kematian,”

Dari hasil penelitian binatang mempunyai indra penciuman yang tajam serta mampu mengidentifikasikan putrescine lebih baik dari pada ke manusia. Meski demikian, kedua peneliti itu berkata bahwa insan sebetulnya juga mampu mempunyai performa tersebut walau tak mengetahuinya.


Lalu untuk pengujiannya mereka melakukan 4 seri percobaan dengan mengekspos partisipan terhadap aroma putrescine dengan cara sengaja serta tak sengaja. Reaksi partisipan yang mereka mampu seusai terekspos putrescine ini selanjutnya dibandingkan dengan dua aroma lain yakni aroma ammonia serta aroma air (netral).

Hasilnya merupakan walau tak tau kalau itu putrescine, para partisipan yang mencium akan merasa gelisah, cemas serta takut. Reaksi ini masih terjadi meskipun putrescine disamarkan dengan beberapa bentuk.

Ada yang tau aroma putrescine semacam apa ?

0 Comments


EmoticonEmoticon