5 Manfaat Tersembunyi Dari Air Kelapa

Air kelapa, terutama yang tetap belia kerap dijadikan minuman pelepas dahaga, rasanya sangat menyegarkan. Ada yang menyatakan jikalau air kelapa mampu menurunkan berat, membenahi manfaat ginjal, sampai mengobati alergi. Benarkah?

Air kelapa, terutama air kelapa muda, telah semenjak lama dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Tempatnya yang terlindungi oleh sebuah tempurung yang keras dan sabut kelapa yang tebal, membikin air kelapa menjadi minuman steril hygynis. Bebas dari segala bentuk kontaminasi.

Menurut Prof. DR. Made Astawan, MS, dengan cara umum, air kelapa mengandung 2,6 persen terdiri dari gula, 0,55 persennya protein, kemudian 0,74 persen lemak, serta 0,46 persennya itu mineral. Adapun jenis gula yang terkandung merupakan glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Baca Juga : Ingin Memutihkan Wajah Secara Alami ? Ini Caranya

Tinggi Kalium Dalam air kelapa juga tersedia asam amino dan vitamin. Air kelapa belia juga mengandung komponen fitokimia berupa tanin. Tanin adalah senyawa yang ada pada tumbuhan yang bersifat antibakteri yang akan menghambat pertumbuhan dari bakteri.

Komposisi zat dari air kelapa mendekati cairan isotonik, yang sesuai dengan cairan tubuh. Minuman isotonik diinginkan mampu menggantikan mineral tubuh yang hilang melewati keringat selagi aktivitas olahraga alias kegiatan lainnya.

Agar tak penasaran, dibawah ini terdapat beberapa kegunaan air kelapa yang tersembunyi.

1. Menurunkan berat badan
Ketika kita minum air kelapa dengan cara berlebihan sebetulnya mampu menyebabkan diare. Kelihatannya memang setelah itu berat badan berkurang. Namun, ini bukan tutorial cocok dan sehat untuk mampu memperoleh berat tubuh ideal. Sebaliknya, air kelapa mampu dijadikan stimulan bagi mereka yang sulit buang air besar sebab mampu menolong melancarkan saluran cerna.

2. Lebih bernutrisi dari pada susu full cream
Pendapat ini tidaklah benar. Jika dibandingkan dengan air kelapa, susu cream ataupun bukan kaya akan lemak, protein, gula, serta karbohidrat. Selain itu, susu juga mengandung beberapa macam vitamin dan mineral semacam vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, potasium, sodium, dan magnesium. Sementara air kelapa hanya mengandung beberapa mineral.

3. Membantu sistem kekebalan tubuh
Tidak ada literatur ilmiah yang menandakan bahwa air kelapa membikin sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik dan juga menolong tubuh melawan beberapa virus penyebab penyakit. Satu-satunya tutorial untuk menambah sistem kekebalan tubuh merupakan zat gizi yang diperoleh dari beragam makanan.

Baca Juga : Aspek Terpenting Ketika Kita Berolahraga, Jangan Diabaikan Ya

4. Membantu mencegah terjadinya batu ginjal
Hal pertama yang mampu dilakukan guna mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal merupakan lumayan konsumsi air alias cairan. Cairan mampu diperoleh dari air kelapa, air mineral, dan lainnya. Air kelapa maupun air mineral, mampu mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal. Walaupun air kelapa tak mampu menyembuhkan batu ginjal.

5. Memulihkan rasa pusing dampak mabuk
Mabuk sebab mengonsumsi arak dengan cara berlebihan wajib segera dinetralkan. Caranya dengan minum air, baik air mineral maupun air elektrolit. Sebenarnya, untuk meredakan rasa pusing dampak mabuk, sebaiknya minum air yang mengandung gula. Tujuannya supaya gula mampu cepat masuk ke dalam sentra susunan saraf serta mengambil alih keterikatan tubuh dengan alkohol. Dengan begitu, efek negatif dari mabuk mampu dinetralkan.
Referensi : detikhealth

0 Comments


EmoticonEmoticon